Independence Day Celebration 2017

Merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2017 lalu merupakan upaya yang dilakukan agar kita selalu mengingat dan mengenang jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. tidak hanya mengingat dan mengenang, kita diharapkan juga mampu memiliki semangat para pahlawan, yaitu semangat pantang menyerah.

Semangat pantang menyerah ini juga kita berikan kepada anak-anak usia dini di TK Ananda Islamic School, yaitu Nursery-Kindergarten Level. Perayaan hari kemerdekaan kali ini, dirayakan pada hari Jumat tanggal 18 Agustus 2017. Seperti pada umumnya, kegiatan tersebut di awali dengan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi Nursery & Kindergarten di Lobby sekolah dengan guru sebagai petugas upacara. Kegiatan dilanjutkan dengan perlombaan yang terdiri dari 2 lokasi. Lokasi pertama di Hall dimana pesertanya adalah siswa-siswi Kindergarten A & B, sedangkan lokasi kedua di dalam ruang kelas Nursery A and B Rose dengan seluruh siswa-siswi Nursery A & B sebagai peserta.

Jenis dan tingkat kesulitan perlombaan yang diadakan pun disesuaikan dengan tumbuh kembang anak usia dini. Contohnya perlombaan memeras air dengan sponge, menangkap ikan, dan menjepit pompom untuk siswa-siswi Nursery A & B. Sedangkan untuk siswa-siswi Kindergarten A and B adalah lomba makan kerupuk, menangkap ikan dan membawa kelereng dengan sendok. Semua anak terlihat sangat senang begitu pula dengan tenaga pendidiknya.

 

 

Kegiatan hari itu ditutup dengan pembagian hadiah bagi peserta lomba. Seluruh peserta lomba, yaitu siswa-siswi Nursery-Kindergarten mendapatkan hadiah yang telah disiapkan oleh tenaga pendidik. Mengapa ? sebagai bentuk apresiasi tenaga pendidik untuk mereka dan karena anak usia dini terutama usia 2-5 tahun yang merupaan siswa-siswi Nursery-Kindergarten masih dalam tahap pra operasional. Mereka belum memahami betul apa arti menang & kalah, yang mereka tahu, ketika teman mendaptkan hadiah dengan usaha yang sama dengannya, maka dia juga mau mendaptkan hadiah. Tenaga pendidik tetap menentukan pemenang, yaitu juara 1-3 tapi, bagi anak yang tidak termasuk sebagai pemenang 1-3, tenaga pendidik memberikan souvenir berupa pensil lucu.