Maulid Nabi Muhammad Saw & Porseni 2017

Maulid nabi adalah perayaan hari lahirnya nabi besar Muhammad S.A.W yang diperingati setiap tahunnya oleh semua umat Islam di seluruh dunia. Nabi Muhammad S.A.W adalah suri tauladan bagi umat Islam.

Sebagaimana telah diriwayatkan dalam Al-Quran:

لَقَدْكَانَلَكُمْفِيرَسُولِاللَّهِأُسْوَةٌحَسَنَةٌلِمَنْكَانَيَرْجُواللَّهَوَالْيَوْمَالْآَخِرَوَذَكَرَاللَّهَكَثِيرًا
“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu sur iteladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah” (QS. Al Ahzab: 21).

Sebagai wujud rasa cinta kepada Rasulullah, Ananda Islamic School mengadakan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW pada hari Kamis, 14 Desember 2017. Berbeda dengan perayaan tahun lalu, perayaan kali ini digabungkan dengan kegiatan PORSENI (Pekan Olah raga dan Seni). Oleh karenanya kegiatan kali ini berjudul Maulid Nabi dan Porseni dengan bertemakan “Meningkatkan Kreativitas dalam olah raga dan seni”. Kegiatan terbagi menjadi 2, dimana kelas upper (4, 5, dan 6) mengikuti sejumlah olah raga sebagai bentuk PORSENI pada hari Rabu, 13 Desember 2017 dan kelas lower (1, 2, dan 3) menunjukkan sejumlah penampilan Islami untuk mengisi acara MAULID NABI.

Kegiatan diawali dengan sholat dhuha seperti biasanya dari jam 7.15 sampai 7.30. Setelah anak-anak selesai sholat dhuha, mereka kembali kekelasnya masing-masing untuk snack time dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk penampilan mereka di panggung.

Padapukul 8.30 seluruh siswa, guru-guru dan hadirin berkumpul di hall karena acara akan segera dimulai. Acara dibawakan oleh Ustad Ari Zaid sebagai pembawa acara. Ust.Zaid membuka acara dengan baik dan mengarahkan penonton untuk menjadi penonton yang baik.

 

 

 

 

Pembukaan disampaikan oleh Ms. Siti Maesaroh selaku Kepala Sekolah SDS Ananda Islamic School. Beliau memberikan kata sambutan dan ditengah-tengah pidatonya, beliau juga menyanyikan lagu sholawat “Assalamualaika” dan mengupas tentang pentingnya perayaan Maulid Nabi dan mengajak para hadirin untuk selalu bersholawat agar kita selalu mengingat Rasulullah.

 

 

Setelah sambutan, Mr. Chandra membacakan kalam Illahi Al Ahzab: 21 dan Ms. Shofi sebagai  saritilawahnya.

Perayaan Maulid Nabi ini berlangsung dengan meriah. Perayaan berisikan penampilan-penampilan dari kelas lower 1, 2, dan 3. Adapun susunan penampilan-penampilan adalah sebagai berikut :

Pertama : Penampilan dari kelas 1 putri yang membawakan tarian“Muhammad Nabiku”.
Kedua : Penampilan dari kelas 2A putra yang menampilkan vocal grup yang menyanyikan lagu “Bingkai Kehidupan”.
Ketiga : Penampilan dari kelas 2B yang membacakan surat An-Naba beserta gerakkannya.
Keempat : Penampilan kelas 3 yang bersholawat dan menari “Sidananabi”.
Kelima : Penampilan kelas 1 putra yang menarikan tari “Hasbi Rabbi Jalallah”.
Keenam : Penampilan kelas 2A putri yang membawakan tarian “Rindu Muhammadku”.
Ketujuh : Penampilan kelas 3 yang bersholawat “Rindu Kepada Nabi”.

Penampilan siswa-siswa Ananda ditutup oleh penampilan para guru Ananda. Mereka menyanyikan lagu religi “Tombo Ati”. Mereka juga memainkan beberapa alat musik seperti: keyboard, gitar, angklung dan ketipung.