Idul Adha & Manasik Haji Celebration 2017

Merayakan hari raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 01 September 2017 merupakan puncak dari Ibadah Haji. dimana hari tersebut dirayakan tidak hanya oleh umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah Al-Mukaromah, tetapi juga dirayakan dengan penuh suka cita oleh umat muslim di seluruh dunia. Hari raya ini disebut juga Hari Raya Kurban, dimana pada hari itu bagi setiap hamba-Nya yang mampu dianjurkan untuk menunaikan kewajibannya menyembelih hewan Kurban. Perayaan ini merupakan upaya yang dilakukan agar kita selalu mengingat dan mengenang sejarah Nabi Ibrahim As dan Nabi Ismail As yang di uji keimanannya oleh Allah SWT. Tidak hanya mengingat dan mengenangnya, kita juga diharapkan bisa meneladani sejarah dari Nabi Ibrahim As dan Nabi Ismail As tersebut.

Nilai keteladanan ini juga dapat kita berikan kepada anak-anak usia dini di TK Ananda Islamic School, yaitu Nursery-Kindergarten Level. Perayaan hari raya Idul Adha dan Manasik Haji, dirayakan pada hari Jumat tanggal 30 Agustus 2017. Kegiatan tersebut di awali dengan menonton kisah Nabi Ibrahim As yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi  Kindergarten di Mushola sekolah, sedangkan siswa-siswi Nursery mengunjungi peternakan sapi potong yang bearada di daerah Daan Mogot.

Kegiatan dilanjutkan pada tanggal 08 September 2017 dengan praktek manasik haji, dimana pesertanya adalah siswa-siswi Kindergarten A & B, kegiatan pertama di mulai di ILC Kindergarten A & B. Dimana para siswa berkumpul untuk sesi pemotretan secara individual dengan background ka’bah. Lokasi kedua di Loby Sekolah untuk persiapan pemberangkatan kloter

haji yang di pandu bersama guru kelas masing-masing dengan membaca talbiyah bersama-sama. Lokasi ketiga adalah di Hall sekolah, siswa-siswi Kindergarten A & B melaksanakan wukuf di padang A’rofah dengan sholat 2 rakaat, dilanjutkan rukun haji selanjutnya melempar jumroh sebanyak 7 kali, lalu thowaf keliling ka’bah dan sa’I dari bukit safa ke bukit marwah yg dilaksanakan di lorong sekolah dan yang terakhir kegiatan tahallul yaitu memotong sebagian rambut beserta pemberian oleh-oleh haji berupa air zam-zam, kurma, kismis, dan kacang arab.

Kegiatan hari itu ditutup dengan makan sate dan lontong bersama-ama di kelas masing-masing. Alhamdulillah semua anak terlihat sangat senang begitupula dengan tenaga pendidiknya.