Goes To Houbii Urban Adventure Park Healthy and Happy

Kegiatan outing kedua primary Ananda Islamic School 1-5 dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Maret 2018 yang bertempat di Houbii Urban Adventure Park yang beralamat di Jl. Metro Pondok Indah Blok bb No. 3, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, RT.1/RW.16, Pd. Pinang, Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12310.

Kami berangkat pada pukul 07.30 dan tiba pada pukul 08.30. Kegiatan pertama setelah tiba di Houbii Urban Adventure Park adalah berkumpul di ruang sebarguna untuk diberikan pengarahan, kaos kaki khusus untuk bermain di Houbii dan gelang sebagai tiket masuk oleh kakak fasilitator. Setelah semua siswa mengenakan kaos kaki dan gelang mereka diarahkan ke area permainan untuk sesi foto bersama dan pemanasan yang dibimbing oleh kakak fasilitator.

Anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan kelas. Satu kelompok dipandu oleh satu kakak fasilitator. Permainan yang akan dimainkan oleh anak-anak terdiri dari enam permainan, yaitu:

  1. Ropes Course
    Ropes Course adalah sebuah permainan yang dapat melatih keseimbangan dan keberanian pada anak. Sebelum masuk area tersebut anak-anak memakai helm dan tali pengaman (safety rope). Masing-masing anak memakai belt yang dikaitakan untuk mencegah anak terjatuh. Di dalam permainan ini anak-anak harus melewati berbagai rintangan, ada sedikit kesulitan yang anak-anak alami karena mereka harus melalui rintangan dengan memindahkan safety rope. Mereka harus melewati tangga berayun, hula hoop bergantung, jembatan berayun dan masih banyak lagi rintangan yang ada. Setelah satu rintangan selesai mereka akan ke tahap selanjutnya untuk menyelesaikan rintangan yang ada. Setelah selesai mereka terjun turun ke bawah.
  2. Ninja Course
    Ninja Course adalah sebuah area yang dapat melatih kecepatan, ketelitian, kekuatan dan keseimbangan. Di area ini anak-anak dapat memulai dengan menggunakan waktu dari 00.00. Satu rintangan diperuntukkan untuk satu orang.  Apabila ada anak yang tidak bisa menyelesaikan rintangan anak tersebut harus meninggalkan area permainan Ninja Course. Bagi anak yang dapat melewati berbagai rintangan yang ada dengan baik dan tanpa terjatuh, anak tersebut dapat langsung menekan tombol waktu. Tombol waktu berguna untuk mengetahui waktu saat melewati rintangan. Area ini sangat aman untuk anak-anak karena di bawah rintangan terdapat busa-busa yang berbentuk dadu, sehingga apabila ada anak yang terjatuh tidak akan cidera.
  3. Slam Dunk
    Slam Dunk adalah sebuah gaya dalam  permainan bola basket untuk memasukkan bola ke dalam sebuah ring dengan melompat. Di dalam permainan ini dibutuhkan keseimbangan dan fokus untuk dapat memasukkan bola. Peraturan yang ada dipermainan ini adalah satu jalur untuk satu orang yang akan melakukan slam dunk, dilarang bergelantungan di ring basket, selalu mendarat di trampoline dengan kedua  kaki.
  4. Ekstreme Slide
    Ekstreme Slide adalah permainan yang mengajak anak-anak untuk meluncur di perosotan yang  yang memiliki tinggi ± 6 m dengan kemiringan 90 derajat . Di dalam permainan ini dibutuhkan keberanian yang besar. Sebelum bermain anak-anak harus menggunakan helm yang telah disediakan dan menaiki tangga untuk mencapai puncak perosotan sebelum akhirnya meluncur. Cara bermain di area ini adalah tunggu sampai slide kosong sebelum meluncur, selalu silangkan kedua lengan di dada pada saat meluncur, setelah meluncur harap segera meninggalkan area slide.
  5. Dodge Ball
    Dodge ball adalah suatu olahraga tim yang dimainkan dengan melemparkan bola karet ke lawan. Sebelum bermain kakak fasilitator memberikan informasi dan peraturan tentang permainan dodge ball. Dodgeball merupakan olahraga yang unik, di mana para pemainnya harus melempar bola untuk mengenai lawan. Lawan pun, harus menghindar dari lemparan bola agar tidak tereliminasi dari lapangan. Namun, jika lawan berhasil menangkap lemparan dari lawannya, si pelemparlah yang akan tereliminasi.
  6. Trampolin
    Trampolin adalah alat yang terdiri dari sepotong kain yang kencang dan diregangkan di atas bingkai baja dengan menggunakan banyak pegas yang melingkar. Permainan trampolin  menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga orang-orang tak menyadari bahwa mereka sedang berolahraga. Peraturan dalam permainan trampoline adalah Satu trampoline diperuntukkan hanya untuk satu orang, dilarang melakukan aksi yang berbahaya, dilarang berlari di dalam area bermain, dilarang mendarat di bantalan pelindung.

    Selama permainan anak-anak senang dan bersemangat. Setelah menyelesaikan semua permainan anak-anak beristirahat dan makan siang. Pada pukul 13.00 kami bersiap pulang menuju sekolah dan tiba di sekolah pada pukul 14.00.